Senin, 28 Februari 2011

KEPRIBADIAN SEHAT DITINJAU DARI ALIRAN ANALISA , BEHAVIORISTIK , DAN HUMANISTIK

KEPRIBADIAN SEHAT DITINJAU DARI ANALISA,BEHAVIORISTIK,DAN HUMANISTIK

a) baik dalam aliran psikoanalisa maupun aliran behavioristik, keduanya mengabaikan potensi yang ada dalam diri manusia.

b) Dalam aliran psikoanalisa menganggap manusia sebagai makhluk yang sakit atau pincang karena berasal dari konflik masa kanak-kanak dan tekanan biologis.

c) Dalam aliran psikoanalisa dan aliran behavioristik memandang pesimistik sebagai kodrat dalam diri manusia.

d) Aliran behavioristik menganggap manusia sebagai mesin atau robot yang dikedalikan oleh aturan dan hukum yang ada.


● aliran psikoanalisa :

aliran psikoanalisa diprakasai oleh Sigmund freud. Dalam aliran ini menyatakan bahwa sebagian besar apa yang manusia lakukan dan pikirkan berasal dari keinginan dan dorongan yang mencari permunculan dalam perilaku dan pikiran.

● aliran behavioristik :

aliran ini diprakasai oleh John.B.Watson yang dalam teori ini menyatakanbahwa subjek psikologi dibatasi oleh studi mengenai perilaku dan kegiatan-kegiatan manusia dan binatang yang dapat diobservasi dan menolak pendapat bahwa pikiran sebagai subjek psikologi.

● aliran humanistic :

Aliran ini diprakasai oleh Abraham Maslow,Rogers dan Jung dalam aliran ini menyatakan bahwa ilmwan perlaku harus belajar memahami manusia sebagai individu tetapi tetap sebagai makhluk umum dan universal.


Perbedaan diantara aliran psikoanalisa,behavioristik, dan humanistik dilihat dari kepribadian

1) Aliran Psikoanalisa berdasarkan pada pikiran sebagai subjek psikologi, sementara Behavioristik berdasarkan atas perilaku, dan Humanistik berdasarkan pada kemampuan yang terdapat pada diri setiap individu




2) Aliran Psikoanalisa dan Behaviorisme memandang pesimistis terhadap kodrat manusia yaitu manusia dianggap sakit / pincang menurut aliran Psikoanalisa dan manusia dianggap tidak memiliki sikap jati diri menurut aliran Behavioristik, sementara aliran Humanistik memandang optimistik terhadap kodrat manusia yang menganggap bahwa setiap manusia memiliki kemampuan untuk berbuat lebih baik dan berkembang melampaui kekuatan negative yang menghambat.

3) Dalam aliran Psikoanalisa dan Behavioristik, keduanya mengabaikan segala potensi yang berada didalam diri individu, semntara aliran Humanistik menganggap bahwa potensi dalam diri manusia merupakan sumber utama untuk mewujudkan diri menjadi lebih baik

4) Aliran Psikoanalisa berpendapat bahwa manusia berasal dari konflik masa kanak – kanak dan tekanan – tekanan biologis, sedangkan aliran Behavioristik berpendapat bahwa manusia berasal dari suatu sitem kompleks yang bertingkah laku menurut cara sesuai hokum yang ada, sementara menurut aliran Humanistik mengatakan bahwa manusia berasal dari keinginannya untuk menjadi lebih baik melalui kemampuan / potensi yang dimilikinya.



Resensi buku :

- Rianti,B.P Dwi,Hendro Prabowo,Ira Pusritawati,1996,Psikologi umum, seri diktat kuliah
- Catatatan psikologi umum semester 1,jurusan psikologi,2009




Nama : Riefa amanda putri

Kelas : 2PA03

Npm : 10509254

Tidak ada komentar:

Posting Komentar